MICROSOFT WORD 2007
Microsoft Word 2007 merupakan program-program pengolah kata versi paling baru yang dikeluarkan oleh Microsoft. Kini Microsoft Word 2007 tampil lebih beda dari sebelum-sebelumnya. Diantara perbedaan itu berupa penyederhanaan dalam melakukan pemanggilan pada beberapa perintah. Pada Microsoft 2007 ini, perintah-perintah sudah ditampilkan dengan grup-grup terpisah di layar yang disebut dengan ribbon. Microsoft Word 2007 juga didukung oleh fitur-fitur baru yang lain sebagai pendukung yang tidak Anda temukan pada versi pendahulunya. Beberapa kelebihan tersebut akan semakin memudahkan Anda melakukan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan teks. Untuk menyamakan pengertian dengan nama-nama kompenen, terlebih dahulu kita lihat tampilan layar Microsoft Word 2007 beserta keterangannya.
Memulai Word
Ada beberapa langkah-langkah untuk memulai word, yaitu :
ü Klik tombol Start
ü Pilih menu All Programs+Microsoft Office, lalu pilih Microsoft Office Word 2007
Maka secara otomatis akan terlihat tampilan seperti di bawah ini :
Bagian-bagian yang terdapat pada jendela Word 2007 ialah sebagai berikut :
1. Title Bar
Nama file yang sedang dibuka diikuti dengan nama aplikasi, yaitu Microsoft Word.
2. Customize Quick Access Toolbar
Toolbar yang berisi tombol-tombol perintah secara pintas yang sering digunakan.
3. Office Button
Tombol yang berisi sebuah menu pull down, seperti New, Open, Save, Save As, Print, dan lain sebagainya.
4. Ribbon
Semacam Toolbar yang berisi beberapa tombol pintas untuk mengerjakan berbagai halo.
5. Ruler
Berguna untuk menentukan atau mengatur batas kiri dan kanan format suatu dokumen atau naskah.
6. Scroll
Berguna untuk menggulung/menarik lembar kerja ke atas dan ke bawah.
7. View Model
Digunakan untuk mengatur mode tampilan.
8. Zoom Silder
Digunakan untuk memperbesar atau memperkecil suatu tampilan.
Mengakhiri Penggunaan Word
Kalau ada permulaan pasti ada pengakhira. Begitu juga dengan halnya Microsoft Word. Cara untuk mengakhiri Microsoft Word ialah :
Klik Microsoft Office Button
Pilih tombol Exit Word
Mengakhiri penggunaan Word juga dapat dilakukan dengan mengklik tombol close (windows button) pada bagian atas kanan jendela Word.
Microsoft Office Button
Microsoft office button berisi menu pull down yang sama dengan versi Word sebelumnya, seperti di bawah ini :
Ø New
Digunakan untuk membuat dokumen atau file yang baru.
Ø Open
Digunakan untuk membuka sebuah dokumen atau file yang sudah ada.
Ø Save
Digunakan untuk menyimpan dokumen.
Ø Save As
Digunakan untuk menyimpan buku kerja dengan extention(nama belakang) yang berbeda dari default (jika Anda ingin buku kerja dapat dibuka oleh Excel versi sebelumnya, maka Anda disarankan untuk menggunakan Save As > Word 1997-2003 Document).
Ø Print
Digunakan untuk mencetak dokumen.
Ø Prepare
Digunakan untuk mempersiapkan file dalam proses distribusi.
Ø Send
Digunakan untuk mengirim dokumen via internet atau facsimile.
Ø Publish
Digunakan untuk mengatur proses publikasi dokumen.
Ø Close
Digunakan untuk menutup dokumen yang sedang aktif.
Ø Word Option
Digunakan untuk pengaturan mengenai penataan dalam lingkungan Word 2007.
Ø Exit Word
Digunakan untuk keluar program Word 2007.
Ribbon
Perbedaan mendasar dalam tampilan Word 2007 terletak pada tampilan yang hampir semua berbentuk toolbar. Pada versi-versi sebelumnya tampilan Word didominasi oleh menu-menu pull down. Jadi, sebetulnya Ribbon dalam Word 2007 adalah sebuah panel yang berisi tampilan grafis yang berisi tombol untuk mengaktifkan suatu fitur tertentu. Secara garis besar ribbon terdiri dari :
1) Tab
Merupakan petunjuk dari kategori ribbon, contohnya poda Tab Home.
2) Group Bar
Ditampilkan berupa kotak yang berisi nama kelompok tombol. Pada posisi sebelah kanan terkadang terdapat anak panah kecil. Jika mouse pointer diarahkan pada anak panah tersebut maka tampak penjelasan singkat. Namun jika Anda mengklik anak panah tersebut, maka secara otomatis akan membuka kotak dialog (dialog box) sesuai dengan kategori.
Kategori Ribbon
Secara standart Word 2007 meliputi tujuh ribbon (default). Kecuali jika Anda menginstal program yang berhubungan dengan Word 2007. Contoh program Adobe Acrobat atau komputer Anda memiliki fasilitas Bluetooth, maka Word 2007 akan menambahkan satu kategori ribbon, yaitu : Add-Ins
1) Home
Default dari Word 2007 yang selalu aktif pada saat Anda memasuki program Word 2007.
2) Insert
Tombol-tombol yang digunakan untuk menyisipkan suatu obyek ke dalam dokumen.
3) Page Layout
Tombol-tombol yang digunakan untuk mengatur tata letak.
4) References
Tombol-tombol untuk penyusunan referensi, seperti footnote dan endnote.
5) Mailings
Tombol yang berhubungan dengan pengolahan mail merge.
6) Review
Tombol untuk digunakan dalam pemeriksaan terhadap dokumen.
7) View
Tombol yang digunakan untuk mengubah tampilan dari dokumen (mode).
8) Add-Ins
Ribbon ini merupkan tambahan yang ada fasilitas Bluetooth-nya.
Fasilitas Undo dan Redo
Tombol Undo dan Redo terdapat dalam quick Access Tool Bar. Selain itu, Anda dapat menekan Ctrl + Z untuk Undo atau Ctrl + Y untuk Redo.
ü Undo
Berfungsi untuk mengulang satu langkah (action) yang Anda buat.
ü Redo
Kebalikan dari fungsi Undo, yaitu maju satu langkah (action).
Memahami Dokumen
File yang dibuat oleh word dinamai dengan dokumen (document), yang secara default excel buku kerja terdiri dari tiga lembar kerja(work sheet).
Membuat Dokumen Baru
§ Klik Microsoft Office button. Pilih dan klik tombol New, maka jendela New Workbook pun ditampilkan.
§ Anda dapat memilih buku kerja yang akan dibuat.
§ Lalu klik tombol Create
Menyimpan Dokumen
o Klik Microsoft Office Button. Pilihlah Save As (jika file yang dibuat benar-benar baru), atau Save (jika file sudah ada sebelumnya).
o Lalu jendela Save As akan terbuka
o Kemudian Anda dapat memberi nama file yang dikehendaki. Selanjutnya , pilihlah Save As type (default Word 2007 adalah *.docx).
o Setelah selesai, klik save.
Word 2007 menggunakan format yang berbeda dan tidak kompatibel dengan versi sebelumnya (*.doc). namun, supaya file Word 2007 dapat dibuka pada versi sebelumnya, Anda dapat memilih pada kotak Save as type yang berbeda pada kota dialog.
Format | Extention | Keterangan |
Document | .docx | Format default 2007 |
Word Macro-Enable | .docm | Type file yang mengandung macro |
Template | .dotx | Template |
Template (code) | .dotm | Template yang mengandung macro |
Word 97-2003 Document | .doc | File dengan format Word versi sebelumnya 97-2003 |
Word 97-2003 Template | .dot | Template |
Jika Anda memilih Save As type dengan versi Word sebelumnya, ada beberapa objek yang tidak dapat ditampilkan.
Jika Anda menyimpan dengan versi Word sebelumnya, maka tampak tulisan Compatibility Mode pada Title Bar.
Memasukkan Objek Dalam Word
Anda dapat memasukkan obyek, baik itu berupa gambar maupun yang lain, yang terdapat pada ribbon Insert, group Illustration.
Berikut Obyek-obyek yang dapat di masukkan ke dalam Word :
1. Picture, digunakan apabila Anda ingin menyisipkan gambar (file) ke dalam dokumen.
2. Clip Art, untuk memasukkan gambar yang berada pada kategori Clip Art
3. Shapes, adalah gambar berbentuk kurva yang dapat disisipkan ke dalam Word.
4. Smart Art, merupakan suatu fitur obyek baru yang ada pada Word 2007.
5. Chart, merupakan objek yang berupa grafik.
POWER POINT
Power Point adalah salah satu program office yang digunakan untuk membuat presentasi. Sehingga itulah merupakan salah satu perbedaan dari Power Point dengan Word. Word tidak berfungsi untuk presentasi, hanya sekedar sebagai dokuemen saja. Di sini kita akan membahas Power Point versi 2007. Power Point 2007 merupakan pengembangan versi sebelumnya dan memiliki perbedaan fitur yang cukup banyak. Pembaruan fitur membuat beberapa penggunaan belum cukup terbiasa. Oleh karena itu, di sini saya ingin menjelaskan sedikit tentang pengenalan dan dasar-dasar dari Power Point itu sendiri.
Memulai Power Point 2007
ü Klik tombol start
ü Pilih menu All program > Microsoft Office
ü Pilih Microsoft Office Power Point 2007
Kalau kita lihat seperti inilah jendela dari Power Point
Bagian-bagian yang terdapat pada jendela Power Point 2007 adalah sebagai berikut :
1) Microsoft Office Button
Tombol ini berisi menu Pull Down. Jika Anda biasa menggunakan Power point versi sebelumnya, maka item yang terdapat di dalamnya mirip dengan item pada menu file.
2) Quick Access Toolbar
Tombola tau ikon untuk mengolah data.
3) Titel Bar
Nama buku presentasi atau File Power Point (secara default Presentation, dst)
4) Window Button (Sizing Button)
Tombol minimize, maximize (restore) dan close yang berfungsi untuk mengatur ukuran jendela atau mengakhiri penggunaan program aplikasi.
5) Ribbon
Tombola tau ikon untuk mengelola data (versi sebelumnya disebut juga toolbar)
6) Panel Slides/ Outline
Panel yang menampilkan thumbnail atau outline dari slide-slide yang dibuat.
7) Slide
Lembar kerja Anda untuk mengisikan teks, obyek, dan sebagainya.
8) Nomor Slide
9) Theme
10) Area Catatan
Memberikan catatan tertentu terhadap suatu slide.
11) View
Pengaturan tampilan Slide.
12) Zoom Slider
Memperbesar atau memperkecil Slide
13) Fit Slide to current Window
Mengatur tampilan slide guna memenuhi jendela yang tersedia.
Menutup Aplikasi Power Point
ü Klik Microsoft Office Button
ü Pilih tombol Exit Power Point
Atau dapat juga dilakukan dengan mengklik tombol close (windows button) pada bagian atas kanan jendela power point.
Kategori Ribbon
Kalau tadi Word punya kategori Ribbon, Power Point juga punya, tapi sedikit berbeda dengan Word.Secara stdandard Power Point terdiri dari tujuh Ribbon (default). Kecuali jika Anda menginstal program lain yang berhubungan. Misalnya program Adobe Acrobat atau komputer Anda memiliki fasilitas Bluetooth. Dalam hal ini, Power Point 2007 menambahkan 1 kategori ribbon,yaitu, Add-Ins. Untuk lebih jelas lagi mari kita pelajari :
v Home
Default pada Power Point yang selalu aktif pada saat Anda memasuki program Power Point 2007.
v Insert
Tombol-tombol yang digunakan untuk menyisipkan suatu obyek ke dalam lembar kerja.
v Design
Tombol-tombol yang digunakan untuk mengatur tata letak dan yang berhubungan dengan slide.
v Animation
Tombol-tombol untuk perbuatan animasi yang akan ditampilkan pada slide.
v Slide Show
Tombol-tombol yang digunakan untuk mengatur proses penyajian file.
v Review
Tombol yang digunakan untuk pemeriksaan terhadap presentasi.
v View
Tombol yang digunakan untuk mengubah tampilan dari presentasi.
v Add-Ins
Ribbon ini merupakan tambahan.
Pembuatan Presentasi
Presentasi menyatakan rangkaian dari slide yang menyusun suatu presentasi dan terangkum dalam sebuah slide.
Membuat Presentasi Baru
Jika Anda ingin membuat presentasi yang baru, maka caranya ialah :
1. Klik Microscoft Office Button, pilih dan klik tombol New, maka jendela New Presentation ditampilkan.
2. Anda dapat memilih buku kerja yang akan dibuat.
3. Lalu klik tombol Create
Menyimpan Presentasi
Sama halnya dengan Word, untuk menyimpan hasil presentasi yang telah kita buat ialah dengan cara :
a. Klik Microsoft Office Button, lalu pilih Save As (jika file yang dibuat benar-benar baru) atau Save (jika file sudah ada sbelumnya).
b. Maka jendela Save As akan terbuka dengan sendirinya.
c. Lalu Anda dapat member nama file yang dikehendaki dan memilih Save AS type (default Power Point 2007 ialah *.pptx).
d. Setelah selaesai klik Save.
Power Point 2007 menggunakan format yang berbeda dan tidak kompatibel dengan versi sebelumnya (*.ppt). namun, supaya file Power Point 2007 dapat dibuka pada versi sbelumnya, Anda dapat memilih pada kotak Save As type yang berada pada kotak dialog.
Agar lebih jelas lagi mari kita pelajari tentang pengenalan lebih dalam lagi akan Power Point, sehingga kita dapat lebih mudah mengetahui perbedaan antara Word dengan Power Point.
Format | Extention | Keterangan |
Power Point Presentation | .pptx | Format default Power Point 2007. |
Power Point Macro-Enable | .pptm | Tipe file yang mengandung macro. |
Power Point Show | .ppsx | Presentasi yang tampil dalam mode show. |
Template | .potx | Template |
Template (code) | .potx | Template yang mengandung macro. |
Power Point 1997-2003 Presentation | .ppt | File dengan format Power Point versi sebelumnya 1997-2003. |
Power Point 1997-2003 | .pot | Template |
Power Point 1997-2003 Show | .pps | Presentasi yang tampil dalam mode show. |
Power Point Add-In | .ppam | Program pendukung dalam Power Point. |
Power Point 1997-2003 Add-In | .ppa | Program pendukung dalam Power Point 1997-2003. |
Memasukkan Objek Ke dalam Power Point
Objek yang dapat disisipkan ke dalam Power Point lebih banyak daripada Word. Agar lebih jelas mari kita lihat, apa-apa saja sih obyek Power Point yang dapat disisipkan :
1. Picture(Gambar)
Obyek picture juga terdapat pada Word, tidak jauh beda.
2. Audio dan Video
Nah, inilah kelebihan Power Point, ia dapat menyisipkan Audio(suara) dan Video.
Ini yang membuat perbedaan antar Word dengan Power Point.
Nah…yang satu ini yang membuat perbedaan antara Word dengan Power Point, yaitu desainnya. Bukan hanya itu, desainnya juga sudah disediakan dan banyak sekali pilihannya. Agar lebih jelas, perhatikan Slide Pemilihan Tema (themes) pada Power Point berikut :
Nah…setelah kita sudah melihat dan mempelajari Ms.Office Word dan Power Point , maka kita pasti bisa dapat melihat apa-apa saja yang dimiliki oleh power point tapi word tidak punya. Cotntohnya, Power Point memiliki slide show, sedangkan Word tidak punya, dan oyek yang bisa dimasukkan ke dalam Power Point bisa berbentuk Audio, Video, termasuk gambar, tapi Word tidak bisa. Word hanya mampu memasukkan obyek gambar dan sejenisnya.
Penjelasan-penjelasan tentang Word dan Power Point di sini hanyalah sebahagian, masih banyak lagi penjelasan-penjelasan yang tidak dimuat, mengingat penjelasannya itu sangatlah banyak. Namun, kalau kita ingin mempelajarinya lebih banyak lagi, kita bisa membeli buku tentang Word dan Power Point di toko-toko.
Sumber : Arief Sugiono, S.E.
Rilo Pambudi, S.E.
Aloysius Bambang Susilo R., S. Kom.
Laurensius Rendy
Judul Buku : Dasar-Dasar Microsoft Office 2007 dan Microsoft Windows XP